Search :

Pengaruh Kuantitas Bahan Baku Dan Jam Tenaga Kerja Langsung Terhadap Efisiensi Biaya Produksi

Pada saat ini perkembangan sektor industri semakin pesat, menyebabkan tingkat persaingan yang dihadapi masing-masing perusahaan semakin ketat dalam menghadapi persaingan tersebut masing-masing perusahaan dituntut memiliki startegi dan langkah yang tepat dalam mengambil suatu keputusan agar perusahaannya dapat tetap menjalankan aktivitas dan mencapai tujuan perusahaan. Umumnya suatu perusahaan atau badan usaha di dalam melaksanakan aktivitasnya, selalu bertujuan untuk memperoleh laba yang sebesar-besarnya sesuai dengan pertumbuhan perusahaan dalam jangka panjang, serta menginginkan produktivitas yang maksimal di dalam menjaga dan menjamin kelangsungan hidup perusahaan, baik yang bergerak dalam bidang jasa, industri maupun perdagangan. Pada perusahaan industri, umumnya biaya produksi memegang peranan yang sangat penting, hal ini dikarenakan jumlah biaya produksi relative lebih besar dibanding dengan jumlah biaya-biaya lainnya yaitu biaya administrasi dan biaya pemasaran.

Obyek penelitian ini adalah PTPN XI (Persero) Redjosarie Magetan. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitas bahan baku, jam tenaga kerja langsung dan biaya produksi yang terjadi dalam PTPN XI (Persero) PG. Redjosarie Magetan pada tahun 2002 sampai tahun 2007 dan Sampel yang digunakan adalah data berkala mengenai biaya produksi, baik anggarannya maupun realisasinya tahun 2002 hingga tahun 2007. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah regresi linier berganda serta untuk mengetahui pengaruhnya digunkan uji F dan uji t.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa bahwa kuantitas bahan baku, dan jam tenaga kerja langsung berpengaruh terhadap efisiensi biaya produksi dapat terbukti kebenarannya.

No comments:

Post a Comment