Search :

Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan

Dalam era globalisasi ini, masih banyak perusahaan yang mengalami kesulitan dalam memahami Sistem Informasi Keuangan dengan baik. Untuk memenangkan persaingan, maka perusahaan harus bekerja lebih efektif dan efisien. Data dan informasi yang tepat, cepat dan akurat yang didukung dengan manajemen yang baik juga sangat diperlukan dalam pengambilan keputusan oleh para manajer. Dalam memahami informasi akuntansi keuangan, seorang manajer harus memiliki pengetahuan yang luas. Penggunaan informasi keuangan yang memadai merupakan suatu alat, dimana manajer perusahaan sanggup mengarahkan dan mengendalikan usaha-usaha yang melampaui pengamatan dan pengawasan perorangan tidak dapat dijangkaunya sendiri. Untuk itu tidak perlu diragukan lagi apabila manajer telah diberi informasi sebaik-baiknya mengenai tindakan-tindakan yang positif, maka dapat membantu mereka dalam mengelola organisasi secara menguntungkan.


Variabel penelitian adalah Pendidikan, Kepribadian, Motivasi, dan Persepsi Manajer Atas Informasi Akuntansi Keuangan. Sampel penelitian ini adalah manajer dan asisten manajer yang berjumlah 18 orang. Teknik analisis dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa pendidikan, kepribadian dan motivasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap persepsi manajer atas informasi akuntansi keuangan terbukti kebenarannya. Pendidikan berpengaruh dominan dibandingkan dengan kepribadian dan motivasi terhadap persepsi manajer atas informasi akuntansi keuangan tidak terbukti kebenarannya.

2 comments: