Era persaingan global pada saat ini, bagi setiap perusahaan harus menghadapi persaingan ketat dengan perusahaan-perusahaan diseluruh dunia, meningkatnya intensitas persaingan dan jumlah dan pesaing juga menuntut setiap perusahaan untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan konsumen serta berusaha memenuhi apa yang mereka harapkan dengan cara yang lebih memuaskan daripada yang dilakukan oleh pesaing. PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo adalah salah satu badan usaha milik daerah yang mempunyai misi menyediakan air minum yang memenuhi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas yang dapat dipertanggungjawabkan melalui pelayanan prima dalam rangka menciptakan nilai tambah bagi masyarakat Sidoarjo ; melakukan pengelolaan usaha profesional dengan teknologi tapat guna dan prinsip-prinsip manajemen yang berwawasan global sehingga mampu memberikan kontribusi pada peningkatan pendapatan asli daerah ; mengembangkan lingkungan kerja yang kondusif sehingga menjadi pilihan utama karyawan bekerja dan berkarir secara profesional ; turut berpartisipasi dalam mengembangkan tanggung jawab sosial secara profesional melalui aktifitas Corporate Social Responsibility. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh fokus pelanggan dan kerjasama tim terhadap kinerja manajerial pada PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo.
Variabel penelitian antara lain focus pelanggan (X1), kerjasama tim (X2) dan kinerja manajeial (Y). Yang dijadikan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh direktur dan kepala bagian pada PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo, yang terdiri dari 3 direktur dan 75 kepala bagian yang terdapat di PDAM “Delta Tirta” Sidoarjo. Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah regresi berganda serta untuk mengetahui hubungan dan pengaruhnya digunakan uji F dan uji t.
Dari hasil pengujian diketahui bahwa hipotesis yang menyatakan diduga fokus pelanggan berpengaruh dan kerjasama tim berpengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial dapat terbukti kebenarannya.
No comments:
Post a Comment