Search :

Pengaruh Sistem Penghargaan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Manajerial

Perkembangan dunia usaha dewasa ini diwarnai oleh persaingan yang semakin ketat. Hal ini diakibatkan karena adanya arus globalisasi yang semakin terbuka lebar bagi setiap pelaku bisnis yang dapat menyebabkan kalangan usaha saling berlomba untuk dapat menghadapi persaingan dan mendapatkan keunggulan kompetitif. Kinerja manajerial adalah kinerja para individu (manajer) anggota organisasi dalam kegiatan manajerial yang meliputi : perencanaan, investigasi, pengkoordinasian, evaluasi, pengawasan, pengaturan staff (staffing) dan perwakilan. Sistem Penghargaan adalah segala bentuk penghargaan baik intrinsik atau ekstrinsik yang digunakan secara kombinatif oleh perusahaan dalam waktu yang bersamaan. Motivasi adalah keinginan untuk melakukan sesuatu yang dikondisikan oleh kemampuan manusia untuk berbuat sesuatu guna memberi kepuasan terhadap kebutuhannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji sistem penghargaan dan motivasi secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja manajerial pada PERUM DAMRI di Surabaya. dan untuk mengetahui dan menguji variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kinerja manajerial pada PERUM DAMRI di Surabaya.

Populasi penelitian ini adalah seluruh manajer dan kepala bagian di Perum DAMRI Di Surabaya yang berjumlah 19 orang dengan alasan bahwa manajer tersebut memegang kendali atas semua keputusan terhadap penerapan Sistem Penghargaan. Teknik penentuan sampel dalam penelitian dengan metode sensus. Penelitian ini menggunakan data primer berupa persepsi para kepala unit/kepala sub unit dari PERUM DAMRI SURABAYA tentang variabel - variabel yang akan digunakan dalam penelitian yang diperoleh dengan menggunakan metode kuesioner.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan diketahui bahwa pada Perum DAMRI Sistem Penghargaan memiliki pengaruh kuat terhadap Kinerja Manajerial, serta dapat dibuktikan bahwa variabel Motivasi sebagai variabel moderating antara Sistem Penghargaan dengan terhadap Kinerja Manajerial.

No comments:

Post a Comment