Search :

Pengaruh Pengendalian Intern Atas Piutang Usaha Terhadap Efektivitas Penagihan Piutang

Adanya perkembangan industri yang semakin kompetitif dari waktu ke waktu, menyebabkan setiap perusahaan harus siap menghadapi persaingan yang semakin ketat. Perusahaan yang menginginkan usahanya dapat berjalan lancar dalam arti memperluas pasar dan memperbesar volume penjualan, untuk mencapai hal tersebut perusahaan berlomba mencapai tujuannya dengan memberikan fasilitas kredit pada pelanggan. Dengan adanya kebijakan penjualan secara kredit maka akan menimbulkan hak penagihan atas piutang. Penjualan kredit pada umumnya dapat menimbulkan risiko antara lain piutang yang terjadi tidak dapat segera ditagih, begitu juga yang terjadi pada PT. Carpet Land Sakti Surabaya. Banyaknya piutang yang tak tertagih, hal ini disebabkan karena beberapa sales PT. Carpet Land Sakti melakukan kecurangan dalam bentuk penggelapan uang yaitu tidak membayarkan hasil penagihan piutang dari relasi kepada perusahaan. Akibat yang timbul bagi perusahaan dari kenaikan piutang yang tidak tertagih tersebut secara otomatis berpengaruh terhadap perputaran cadangan keuangan perusahaan dan terganggunya kinerja pada divisi pemasaran.

Variabel penelitian adalah Sistem Wewenang Dan Prosedur Pencatatan, Karyawan Yang Kompeten dan Efektivitas Penagihan Piutang. Sampel penelitian ini adalah seluruh karyawan yang berhubungan dengan efektifitas penagihan piutang pada PT. Carpet Land Sakti Surabaya yang berjumlah 28 karyawan. Teknik analisis dengan menggunakan uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa hipotesis yang menyatakan diduga sistem wewenang dan prosedur pencatatan dan karyawan yang kompeten berpengaruh terhadap efektivitas penagihan piutang terbukti kebenarannya.

No comments:

Post a Comment