Search :

Pengaruh Roe Dan Eps Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Rokok Yang Go Public Di Bei

Pasar modal memiliki peran penting dalam kegiatan ekonomi, terutama di negara yang menganut sistem ekonomi pasar. Pasar modal menjadi salah satu sumber kemajuan ekonomi karena dapat menjadi sumber dan alternatif bagi perusahaan disamping bank. Salah satu sumber dana perusahaan berasal dari modal saham yang ditanamkan oleh para investor, maka secara otomatis modal saham merupakan bagian dari laporan manajemen perusahaan kepada para pemegang saham atau investor. Dalam perekonomian modern laporan keuangan sudah merupakan media penting dalam proses pengambilan keputusan ekonomis. Laporan keuangan ini sudah menjadi kebutuhan para pengusaha, investor, bank, manajemen, pemerintah maupun pelaku pasar modal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh ROE dan EPS terhadap harga saham pada perusahaan yang Go Public di BEI.

Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan rokok yang go publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2008. Sedangkan sampel dalam penelitian yaitu data laporan keuangan perusahaan tersedia berturut-turut selama 8 tahun untuk tahun pelaporan dari 2000 – 2007. Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah regresi linier berganda serta untuk mengetahui hubungan dan pengaruhnya digunakan uji F dan Uji t.

Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap pengaruh dari Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) terhadap Harga Saham ketiga perusahaan rokok yang go publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun pengamatan yakni tahun 2000 hingga tahun 2007 diperoleh hasil bahwa nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,410 atau sebesar 41%, berarti kedua faktor yakni Return On Equity (ROE) dan Earning Per Share (EPS) mempunyai hubungan yang nyata terhadap Harga Saham ketiga perusahaan rokok yang go publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun pengamatan yakni tahun 2000 hingga tahun 2007. Sedangkan dilihat nilai koefisien determinasi (R2) kedua variabel tersebut berpengaruh sebesar 16,8% terhadap Harga Saham ketiga perusahaan rokok yang go publik di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun pengamatan yakni tahun 2000 hingga tahun 2007.

2 comments: